Faisal,S.Pd : Supervisi dan Monitoring SDIT Nahwannur




Bapak Faisal,S.Pd (Pengawas) bersama dengan Bapak Afuazan Fuady, S.Pd (Kepsek SD IT Nahwannur)

Aceh Utara, sdit.nahwannur.sch.id | Dalam menjaga mutu dan kualitas pendidikan salah satu cara yang dilakukan melakukan supervisi dan monitoring langsung ke sekolah, monitoring merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sekolah yang ingin dimonitoring sehingga mendapatkan penilaian yang objektif terhadap sekolah yang ingin di nilai.



Monitoring atau pengawasan sebagai proses yang menentukan tentang apa yang harus dikerjakan, agar apa yang diselenggarakan sejalan dengan rencana, serta juga sebagai pengumpulan informasi yang dibutuhkan pimpinan.


Monitoring dan Suvervisi oleh bapak Faisal,S.Pd selaku pengawas

Dalam kesempatan tersebut Bapak Faisal,S.Pd terkait progres pembelajaran pelatihan mandiri pada platform Program Merdeka Mengajar (PMM) pada SDIT Nahwannur, sudah sejauh mana para guru telah mempelajari modul - modul yang tersedia di platform Merdeka Mengajar (PMM) serta juga pembuatan Aksi Nyata disetiap modulnya. "Bagaimana progres pembelajaran pelatihan mandiri para guru di SDIT Nahwannur di paltform merdeka mengajar pak Fauzan?" tanya Bapak Faisal. "Alhamdulillah para guru sudah menyelesaikan modul 1 Merdeka Belajar dan sudah menyelesaikan aksi nyata mereka," " Bagaimana bapak mengawasi kegiatan tersebut?" tanya kembali Bapak Faisal. " Saya membuat instrumen berupa rekapan progres pengejaan Pelatihan Mandiri dan saya centang pada kolom yang tersedia, cara mengetahui para guru SDIT Nahwannur telah menyelesaikan modul, saya memberitahukan mereka agar mengirimkan screen shot dari modul tersebut yang telah tercentang hijau, jika para guru belum mengirimkan karena kendala tidak tersedianya paket data, maka pada saat bersekolah saya menanyakan hal tersebut dengan guru menunjukkan modul yang telah tercentang hijau". jawab saya.



Selain memonitoring pelaksanaan kegiatan pembelajaran di platform merdeka mengajar, bapak Faisal juga mensosialisasi kegiatan Green School, kegiatan ini adalah program Dinas Pendidikan Aceh Utara, program ini dimaksudnya untuk memberikan pelayanan maksimal untuk warga sekolah (guru,siswa, wali siswa, komite serta masyarakat) sehingga menghasilkan mutu siswa yang lebih baik karena kenyamanan di sekolah.



kegiatan monitoring dan supervisi ini ditutup dengan mengelilingi sekolah melihat proses pembelajaran serta project yang telah dilaksanakan disekolah, adapun project yang dipantau oleh Bapak Faisal, S.Pd adalah penanaman ubi yang dilakukan oleh kelas 3 Al Khawarizmi SDIT Nahwannur.

Disqus Comments